Wednesday, February 07, 2018

Begini Cara Menjaga Kesehatan Saat Ibadah ke Tanah Suci

Agar tetap sehat dan prima ketika beribadah ke tanah suci, tentunya ada beberapa hal yang harus dilakukan oleh para jemaah haji. Mulai dari mengecek kesehatan di klinik health care sebelum berangkat, rajin minum vitamin, dan lain sebagainya. Nah, ketika tiba di tanah suci, ini dia beberapa kegiatan yang bisa dilakukan untuk menjaga kesehatan:
    Image result for ibadah ke tanah suci
  1. Bawa obat-obatan pribadi. Ini penting, terutama bagi kalian yang sedang mengonsumsi obat pribadi. Ditakutkan akan sulit untuk menemukan obat-obatan di sana, jadi lebih baik dibawa dari Indonesia saja. Jangan lupa sertakan surat keterangan dokter untuk berjaga-jaga.
  2. Rajin minum air putih. Cuaca di sana biasanya jauh lebih panas dibanding di Indonesia jadi kemungkinan untuk dehidrasi biasanya sangat tinggi. Untuk itu, penuhi kebutuhan cairan dalam tubuh dengan rajin meminum air putih. Pastikan kebutuhan cairan harian tercukupi, ya.
  3. Gunakan tabir surya. Seperti yang sudah disinggung di atas, udara di sana akan lebih panas dan matahari akan bersinar dengan cerahnya. Lindungi kulit kita dengan menggunakan tabir surya agar kulit tetap sehat dan terbebas dari sinar UV.
  4. Jangan menggunakan alat mandi bergantian dengan orang lain. Selalu gunakan sabun dan sikat gigi milik kita sendiri. Hal ini dilakukan untuk menghindari kemungkinan penularan penyakit seperti HIV, hepatitis B, dan juga hepatitis C.
  5. Cuci tangan sebelum makan. Jaga kebersihan tangan dengan rajin mencuci tangan dengan sabun sebelum makan, terutama jika kita akan makan langsung tanpa sendok. Banyak sekali penyakit yang bisa menyerang kita melalui media tangan jika kita tidak berhati-hati.
  6. Pilih-pilih makanan. Pilih-pilih makanan di sini maksudnya bukan berarti kita harus picky eater. Akan tetapi, perhatikanlah tanggal kedaluwarsa, apakah makanan sudah matang sempurna, mengandung sesuatu yang membuat kita alergi atau tidak, dan lain sebagainya. Pastikan semuanya tidak akan berdampak pada kesehatan kita, ya.
Nah, itu dia beberapa tips yang bisa dilakukan untuk menjaga kesehatan selama beribadah di tanah suci. Semoga membantu! Selalu jaga kesehatan, ya.

0 comment:

Post a Comment