Wednesday, January 24, 2018

Yuk, Kenali Manfaat Serat untuk Tubuh Kita



Kita tahu bahwa serat merupakan sesuatu yang sangat dibutuhkan oleh tubuh. Oleh sebab itu, sebisa mungkin kita harus berusaha memenuhi kebutuhan serat dalam tubuh agar kesehatan tidak terganggu. Jika kebutuhan serat terpenuhi, maka tidak perlu lagi deh mengonsumsi Obat Herbal Gangguan Pencernaan. Hanya saja, seringnya kita hanya mengonsumsi serat saja tanpa tahu apa saja manfaat detailnya untuk tubuh kita. Berikut ini adalah beberapa manfaat serat yang bisa berdampak pada tubuh kita. Simak ya:
    Image result for fiber foods
  • Membantu mengurangi rasa lapar. Serat terdiri atas dua jenis yakni serat larut dan serat tidak larut. Sesuai dengan namanya, serat larut merupakan serat yang mudah diserap dan dicerna oleh tubuh. Tugasnya adalah untuk mengikat lemak yang berasal dari makanan untuk kemudian dibuang. Sementara itu, serat tidak larut adalah serat yang tetap utuh di dalam perut sampai tiba saatnya untuk dibuang melalui saluran cerna. Serat jenis inilah yang akan membuat perut kita terasa kenyang lebih lama. Dengan demikian, karena perut terasa penuh, kita tidak memiliki keinginan untuk makan dan rasa lapar pun bisa dikurangi selama beberapa waktu.
  • Mengurangi jumlah kalori. Seperti yang sudah disebutkan di poin satu, serat yang tidak larut tidak bisa dicerna oleh sistem pencernaan sehingga tidak menghasilkan kalori. Oleh sebab itu, ketika kita memiliki kecukupan serat maka jumlah kalorinya pun bisa dikurangi.
  • Membantu mengontrol gula darah. Produksi insulin dalam tubuh bisa dicegah dan dikurangi karena serat larut mampu menunda naiknya gula darah yang kerap terjadi setelah selesai makan. Serat larut ini akan memperlambat pengosongan perut sehingga gula darah tidak naik.
  • Memberi energi pada tubuh. Serat merupakan salah satu jenis karbohidrat yang mudah diserap oleh tubuh dan organ pencernaan lainnya. Ketika kebutuhan serat tercukupi maka penyerapan energi pun bisa meningkat. Serat dapat menghasilkan energi dengan cara yang lebih ringan dan membantu mengurangi berat badan.
Itu dia beberapa manfaat serat yang bisa berdampak pada tubuh kita. Bagaimana menurut kalian? Semoga membantu, ya!

0 comment:

Post a Comment