Tuesday, December 12, 2017

Hati-Hati Ketika Menggunakan Wifi Hotel!


Wifi di ranah publik yang sering kalian gunakan tentunya beragam. Mulai dari wifi di kafe, restoran, halte, hingga di stasiun kereta atau halte bus. Mudahnya mencari tempat Jual Access Point dan juga router membuat wifi di ranah publik semakin banyak ditemukan. Dan tentunya, ini sangat menguntungkan untuk kalian, bukan? Hanya saja, di balik semua kemudahan ini, kalian juga harus tahu bahwa wifi publik ini seringnya berbahaya dan bisa mencuri data penting di perangkat elektronik kalian. 

Image result for hotel roomLantas, bagaimana dengan wifi hotel? Apakah aman juga?

Sama halnya seperti wifi di ranah publik, wifi hotel juga sama rentannya. Tahukah kalian bahwa sebagian besar wifi yang ada di hotel seringnya tidak terenkripsi? Pihak hotel akan membuat koneksi wifi sesimpel dan sesederhana mungkin agar tidak repot sehingga masalah keamanan seringnya diabaikan. Lantas, apa dampaknya ketika wifi hotel tidak terenkripsi? Mudah saja, perangkat elektronik yang tersambung dengan wifi ini akan rawan virus, mudah diretas, bahkan software nya pun akan lebih mudah ditembus. Tidak heran deh jika banyak pihak tak bertanggung jawab yang memanfaatkan wifi hotel ini untuk meretas akun pengguna lain.

Tidak hanya itu, dengan memanfaatkan sistem keamanan yang ‘bolong’ ini, banyak hacker yang menelusup masuk ke dalam jaringan wifi ini untuk melakukan tindak kejahatan. Tindak kejahatannya sendiri bisa berupa pencurian data, pencurian identitas, hingga meretas ke dalam data perbankan seseorang. Berbahaya sekali, kan?

Untuk itu, mulai saat ini, jika kalian menginap di hotel, sebaiknya hindari deh memanfaatkan wifi hotel jika memang tidak diperlukan. Terlebih, sekarang ini paket internet sudah murah dan terjangkau sehingga hampir dipastikan semua ponsel pastinya sudah terkoneksi dengan internet. Jika memang tidak butuh, tidak usah menyambungkan ponsel kalian ke wifi hotel. Lebih aman begini, kan? Hanya saja, jika memang kalian benar-benar membutuhkan sambungan wifi ini, silakan lindungi perangkat kalian dengan menggunakan VPN dan pahami beberapa hal yang sebaiknya tidak dilakukan saat memakai wifi publik. Fitur pada VPN tersebut akan membantu kalian melindungi data penting di ponsel dan juga membuat kamu bebas dari iklan scam saat menggunakan wifi hotel.

Semoga membantu, ya! Mulai sekarang jangan lupa untuk berhati-hati saat menggunakan wifi hotel!

0 comment:

Post a Comment