Monday, December 04, 2017

Daftar Buah yang Baik untuk Dikonsumsi Anak



Saat sedang hamil, Ibu pastinya rajin mengonsumsi buah yang bergizi untuk memenuhi kebutuhan gizi ibu hamil untuk janin dalam kandungan. Nah, ketika si kecil sudah lahir dan mulai masuk ke dalam usia balita, buah ini juga tidak boleh lepas dari keseharian Ibu. Si kecil juga harus dibiasakan untuk mengonsumsi buah, karena buah membawa manfaat positif untuk tumbuh kembang si kecil. Berikut ini adalah daftar buah yang disarankan untuk dikonsumsi:

https://wonderopolis.org/wp-content/uploads/2016/12/Plants_Make_Fruits_and_Vegetablesdreamstime_xxl_50188610.jpg
  • Alpukat. Alpukat memiliki rasa yang enak dan tekstur creamy yang sangat disukai oleh anak-anak. Tidak hanya itu, ternyata alpukat juga mengandung banyak nutrisi yang baik untuk si kecil. Mulai dari asam oleat yang baik untuk perkembangan otak, vitamin E yang berfungsi sebagai antioksidan, mineral seng yang berperan dalam proses metabolisme serta sistem kekebalan tubuh, hingga kandungan serat tinggi yang baik untuk mengatasi sembelit. Untuk penyajiannya, Ibu bisa membuat alpukat sebagai es krim atau dimakan langsung dengan cara dihaluskan dengan susu.
  • Pisang. Selain alpukat, pisang juga baik untuk dikonsumsi anak. Pasalnya, pisang mengandung mineral kalium yang bisa menjaga keseimbangan cairan dalam tubuh serta menjaga tekanan darah. Tidak hanya itu, pisang juga mengandung karbohidrat yang bisa menjadi sumber energi serta kaya akan zat besi, asam folat, vitamin B6 dan B12, serta tembaga untuk membantu pembentukan sel darah merah. Pisang juga mudah dikonsumsi anak sehingga bisa dijadikan sebagai makanan camilan saat anak sedang senggang.
  • Buah naga. Sekarang ini, buah naga mudah ditemukan di mana saja. Warnanya yang merah seringkali menarik perhatian anak untuk mengonsumsinya. Rasa buah naga juga cukup manis sehingga anak pasti suka. Dari segi kandungan gizi, buah naga mengandung zat besi serta vitamin A yang berfungsi untuk menjaga kesehatan kulit serta mata. Tidak hanya itu, kadar kalsium serta omega 3 dan omega 6 dalam buah naga juga cukup tinggi.
  • Pepaya. Pepaya juga menjadi buah yang sering disarankan untuk dikonsumsi anak-anak. Pasalnya, pepaya mengandung sumber vitamin C yang sangat dibutuhkan untuk membentuk jaringan penyambung dalam tubuh. Pepaya juga kaya dengan likopen, salah satu antioksidan yang dapat melindungi dan memperbaiki tubuh dari berbagai kerusakan. Tidak hanya itu, serat dalam pepaya juga membantu sistem pencernaan anak agar lebih lancar.
Itu dia beberapa buah yang sebaiknya dikonsumsi oleh anak. Semoga membantu dan jangan lupa dikonsumsi secara rutin, ya, Bu.

0 comment:

Post a Comment