Thursday, December 07, 2017

Agar Ibu Hamil Tidak Mual Saat Berada di Perjalanan



Melakukan perjalanan saat sedang hamil merupakan sesuatu hal yang tidak bisa dihindarkan. Hanya saja, satu hal yang mungkin menjadi perhatian kita adalah bagaimana cara menghindari rasa mual yang mungkin akan terjadi saat perjalanan. Tentunya, ada hal yang bisa dilakukan salah satunya adalah beberapa hal di bawah ini. Psst, jangan lupa siapkan susu UHT untuk ibu hamil juga ya agar nutrisi bisa tetap terpenuhi.

Image result for pregnant woman in car
Agar tidak mual sepanjang perjalanan.
1.      Jangan mengonsumsi makanan ini. Makanan pedas, mengandung lemak, bersantan, dan makanan yang berbau menyengat merupakan makanan yang sebaiknya dihindari sebelum melakukan perjalanan. Mengapa? Pasalnya, makanan ini akan memicu mual dan membuat perut terasa tidak enak sepanjang perjalanan.
2.      Hindari makan berlebihan. Tentu, sebelum melakukan perjalanan jauh, perut pun harus terisi dan tidak boleh kosong. Hanya saja, usahakan untuk makan secukupnya dan jangan sampai berlebihan. Makan berlebihan hanya akan membuat perut begah dan bisa membuat kita muntah selama di perjalanan.
3.      Cari posisi duduk yang terbaik. Percaya atau tidak, posisi tempat duduk bisa menentukan apakah kita akan mual atau tidak selama perjalanan. Carilah tempat duduk yang minim guncangan, di mana kita bisa bersandar dan meluruskan kaki.
4.      Jangan membelakangi perjalanan. Masih berkaitan dengan poin di atas, setelah menemukan posisi duduk terbaik, jangan lupa pastikan bahwa tempat duduk kita tidak membelakangi perjalanan. Sebab melihat jalanan yang ada di depan kita sementara kendaraan terus berjalan maju bisa membuat kita pusing dan bisa berujung pada muntah.
5.      Jangan menggunakan perangkat elektronik. Selama perjalanan, kita cenderung merasa bosan dan ingin melakukan sesuatu. Oleh sebab itu, ponsel dan tablet merupakan perangkat elektronik yang selalu kita gunakan untuk menghalau rasa bosan ini. Entah untuk menonton film, mendengarkan musik, atau bahkan bermain game. Hanya saja, melihat perangkat elektronik selama berada di perjalanan bisa meningkatkan risiko mual.
6.      Duduk di dekat jendela. Kalau kalian melakukan perjalanan darat dengan mobil, usahakan untuk memilih tempat duduk di dekat jendela. Udara segar dan pemandangan yang bisa dilihat sepanjang jalan akan membuat kita merasa sejuk dan melupakan rasa mual.
7.      Tidur. Hal terakhir yang bisa dilakukan agar tidak merasa mual di perjalanan adalah tidur. Mengingat kondisi kita sedang hamil, maka beristirahat yang cukup merupakan hal yang wajib dilakukan. Untuk itu, manfaatkan waktu perjalanan untuk tidur dan beristirahat, ya.
Itu dia beberapa hal yang bisa dilakukan agar tidak mual sepanjang perjalanan. Tidak hanya itu, agar Ibu tidak mati rasa selama perjalanan, jangan lupa untuk melakukan olahraga ringan untuk ibu hamil dan menggerakkan badan, ya. Selamat mencoba dan semoga membantu!

0 comment:

Post a Comment