Tuesday, November 28, 2017

Tugas Ayah Sebagai Ahli Nutrisi Saat Ibu sedang Hamil

Ketika sedang hamil, ibu bukanlah seseorang yang berjuang sendirian untuk merawat kandungannya. Ayah sebagai pasangan hidup ibu, ternyata juga memiliki peranan untuk bersama-sema memastikan buah hati di dalam perut tetap sehat. Ayah bertugas sebagai ahli nutrisi, untuk memastikan bahwa nutrisi ibu hamil yang dikonsumsi oleh ibu sudah tercukupi. Ingat kata kunci di sini: cukup, yang artinya tidak berlebihan. Sebab segala sesuatu yang berlebihan, seperti kelebihan vitamin A saat hamil, misalnya juga bisa membahayakan.

https://ak7.picdn.net/shutterstock/videos/8717977/thumb/1.jpg?i10c=img.resize(height:160)

Nah, apa sih yang harus dilakukan oleh ayah sebagai ahli nutrisi dari ibu yang sedang hamil? Ini dia daftarnya:
  1. Memastikan nutrisi ibu hamil yang dibutuhkan sudah terpenuhi. Wajib hukumnya bagi ayah untuk memantau apa saja yang masuk ke dalam tubuh ibu. Mulai dari makanan yang dikonsumsi, camilannya, hingga makanan selingannya. Pastikan semua makanan yang dikonsumsi mengandung nutrisi ibu hamil yang dibutuhkan agar kandungan ibu tetap sehat dan terjaga.
  2. Jangan membeli makanan yang dipertanyakan kebersihannya. Ketika sedang ngidam sesuatu, ibu mungkin sering minta dibelikan makanan yang macam-macam. Nah, jika pada satu ketika hal ini terjadi, hindari membeli makanan yang dijual di pinggir jalan atau di tempat yang dipertanyakan kebersihannya, ya. Mengapa? Sebab makanan ini sudah terkontaminasi debu, asap kendaraan, atau bahkan bahan makanannya tidak dicuci dengan bersih. Hal ini bisa menimbulkan diare pada ibu yang sedang hamil, lho.
  3. Memastikan ibu hamil tidak mengonsumsi fast food dan minuman bersoda. Saat sedang jalan-jalan di mall, fast food dan minuman bersoda kerap kali menjadi godaan tertinggi bagi ibu. Nah, adalah tugas ayah untuk memastikan dan mengingatkan agar ibu tidak mengonsumsi hal-hal tersebut. Fast food dan minuman bersoda mengandung gula dan lemak yang tinggi, yang tidak akan berdampak positif pada ibu hamil.
  4. Menghindari makanan yang mengandung MSG atau kandungan garamnya tinggi. Biasanya, makanan yang mengandung MSG dan garam terdapat pada makanan kemasan atau camilan-camilan yang mungkin dikonsumsi oleh ibu. Hindari konsumsi makanan ini dan sediakan buah segar sebagai gantinya untuk dikonsumsi sebagai camilan. Mengapa? Pasalnya makanan yang mengandung MSG dan garam bisa meningkatkan tensi darah.
Itu dia beberapa hal yang harus diperhatikan ayah sebagai ahli nutrisi ketika ibu sedang hamil. Jangan lupa diterapkan dan semoga membantu, ya!

0 comment:

Post a Comment