Wednesday, January 06, 2016

Ingin Membeli Gitar? Perhatikan Hal Berikut

Gitar masih merupakan alat musik yang paling populer saat ini, pemain gitar professional maupun amatir di Dunia sudah tak terhitung jumlahnya. Jika Anda ingin memiliki keahlian bermain gitar namun masih belum percaya diri, janganlah berkecil hati, belum terlambat bagi Anda untuk mulai belajar bermain gitar dari sekarang. Hal pertama yang Anda harus lakukan tentu membeli gitar Anda sendiri. Tempat Jual Gitar tidak hanya berada di toko musik saja, terdapat beberapa toko hobi, olahraga dan seni yang juga menjual gitar. Toko online yang menjual gitar dengan sistem dikirim langsung ke pembeli juga tidak sedikit.

Namun sebelum Anda menentukan pilihan, perhatikanlah hal-hal berikut ini:
1. Pilih yang berukuran pas dengan badan Anda. Jangan terlalu kecil dan jangan terlalu besar. Meski ukuran gitar sangat beragam, namun ukuran umum gitar terbagi 3:
  • Ukuran ½. Ukuran ini berdiameter kurang lebih 30 inch. Cocok untuk anak atau dewasa yang berbadan kecil.
  • Ukuran ¾. Ukuran ini berdiameter sekitar 35 inch. Cocok untuk yang merasa ukuran ½ terlalu kecil dan full size terlalu besar.
  • Ukuran Full Size. Ukuran ini berdiameter sekitar 40 inch. Merupakan jenis yang paling lazim ditemukan di Dunia professional ataupun amatir.
2. Pilih jenis yang anda sukai, agar dapat mendorong minat dalam belajar. Perhatikan hal berikut untuk mempertimbangkan jenis yang cocok dengan anda.
  • Elektrik atau Akustik? Gitar elektrik membutuhkan banyak hal dan tentunya biaya yang lebih besar, namun relatif lebih mudah dan cocok untuk pemula, terutama bagi pemula yang ingin langsung terjun ke dunia professional. Sementara gitar akustik relatif lebih murah namun lebih sulit, tapi gitar jenis ini lebih cepat membuat tangan terbiasa dengan gitar.
  • Nylon atau String? Jika Anda memilih gitar akustik, terdapat dua jenis gitar akustik yang dipisah berdasarkan jenis senarnya. Meski perbedaan utama berada di senar, namun senar gitar akustik string tidak dapat dipasangkan ke gitar akustik nylon, sementara senar gitar akustik nylon dapat dipasangkan ke gitar akustik string.
3. Pilih yang sesuai dengan budget. Perhatikan kondisi gitar dengan seksama. Yang berharga rendah tidak selalu berkualitas rendah. (RR)

0 comment:

Post a Comment