Friday, December 04, 2015

Tips Membuat Ponsel Lebih Cepat

Ketika sedang asyik berselancar di dunia maya dengan menggunakan fiber internet atau memanfaatkan fasilitas Wifi gratis dengan aman di fasilitas umum, pernahkah aplikasi yang Anda gunakan mengalami force stop? Tentunya, hal ini sangat tidak menyenangkan sekali, ya. Ketika sebuah aplikasi yang sedang dijalankan mengalami pemberhentian tiba-tiba, itu artinya perangkat Android milik Anda sedang tidak maksimal dan memiliki gangguan penyimpanan. Untuk itu, perlu beberapa langkah sederhana untuk mengembalikan performanya dan membuatnya lebih cepat. Seperti apa caranya? Ini dia hal-hal yang bisa Anda lakukan untuk mempercepat performa ponsel Anda.

  1. Uninstall aplikasi yang sudah tidak digunakan. Seringnya, ponsel Anda dipenuhi dengan aplikasi-aplikasi yang tidak pernah Anda gunakan. Padahal, ruang penyimpanan di ponsel Anda memiliki batas tertentu sehingga aplikasi-aplikasi ini hanyalah akan memberatkan ponsel dan memperlambat performanya. Selain itu, untuk memberikan ‘ruang’ sela di ponsel Anda, rajin-rajinlah untuk mem-back up foto serta video di laptop atau Google Drive.
  2. Bersihkan cache aplikasi secara berkala. Jika Anda belum tahu bagaimana cara membersihkan cache, caranya sangat sederhana, kok. Anda tinggal mengunduh aplikasi-aplikasi yang bisa digunakan untuk menghapus cache secara singkat. Aplikasi tersebut bisa diunduh secara gratis, kok! Anda bisa mencoba Cache Cleaner atau Clean Master yang sudah terkenal dengan kehebatan performanya.
  3. Jangan terlalu banyak menggunakan widget. Seringnya, Anda suka mengunduh berbagai macam widget dan memasangnya di layar utama ponsel. Padahal, hal ini sangatlah memakan baterai dan mengonsumsi ruang penyimpanan di ponsel Anda. Batasi penggunaan widget dan jangan menggunakan live wallpaper jika tidak diperlukan.
  4. Lakukan pembaharuan aplikasi. Ketika sebuah aplikasi sering mengalami force closed, selain memang bermasalah pada ruang penyimpanan, ada masalah juga pada update pembaruan aplikasinya. Untuk itu, Anda perlu melakukan pembaharuan aplikasi untuk mengurangi bug dan membuat aplikasi bekerja lebih stabil.
  5. Rooting. Untuk membuat ponsel mereka bekerja secara maksimal, tidak jarang pengguna Android menerapkan rooting pada perangkatnya. Meski tindakan root bisa menghilangkan sistem garansi resmi pada ponsel, tetapi dampaknya cukup besar pula pada performa ponsel Anda.

Semoga beberapa langkah di atas bisa membuat ponsel Anda bekerja lebih cepat. Selamat mencoba!

0 comment:

Post a Comment