Tuesday, November 24, 2015

Cari Tahu Jenis Bahan Banner

Anda yang sering mengadakan acara atau tergabung dalam organisasi dan perkumpulan, pastinya sudah akrab dengan berbagai jenis banner. Pasalnya, elemen ‘marketing’ ini memang selalu dibutuhkan dan nyaris selalu ada setiap kali Anda mengadakan sebuah acara. Banner berfungsi sebagai pemuat informasi seputar organisasi, acara, atau apa pun yang hendak dipublikasikan. Saking seringnya memproduksi banner, mungkin Anda sendiri sudah punya langganan jasa cetak banner murah sendiri yang bisa membantu Anda mewujudkan elemen publikasi untuk kebutuhan Anda.
 
Nah, ketika mencetak banner, sudahkah Anda mengetahui berbagai jenis bahan yang biasa digunakan? Kalau belum, yuk simak dalam artikel berikut ini!
  1. Flexi. Bahan flexi ini merupakan bahan yang paling sering tersedia di setiap digital printing. Flexi sendiri dibedakan menjadi dua jenis yakni Flexi China dan Flexi Korea. Flexi China terbuat dari bahan yang halus, tipis, dan agak berserat—biasa digunakan untuk berbagai jenis produk publikasi. Sementara itu, Flexi Korea memilik tekstur yang lebih tebal dari Flexi China dan terasa agak kasar.
  2. Albatros. Agak sulit memang untuk membedakan antara albatros dan bahan flexi. Namun, jika sudah lama berkecimpung di bidang ini, Anda pasti bisa membedakannya juga kok. Bahan albatros memiliki serat yang lembut dan halus, serta biasa dilapisi laminating doff atau glossy sehingga hasil cetakan banner-nya lebih mengilap.
  3. Luster. Satu lagi bahan yang memiliki tekstur agak mengilap selain albatros yakni luster. Bedanya, jika albatros masih harus melewati finishing touch berupa pelapisan, luster tidak harus menggunakan laminating doff atau glossy karena sudah berkilap. Teksturnya pun kasar sehingga lapisan lain tidak bisa menempel di permukaannya.
  4. Glossy paper. Glossy paper merupakan bahan pencetak banner yang halus, tebal, dan berwarna putih. Selain untuk mencetak banner, bahan ini cocok juga untuk mencetak poster dan foto. Tidak jauh berbeda dengan albatros, bahan ini juga harus dilapisi dengan laminating doff atau glossy supaya hasilnya jauh lebih maksimal.
Setelah mengetahui empat bahan di atas, ada baiknya juga Anda berkonsultasi dengan operator di digital printing langganan Anda untuk mengetahui bahan terbaik mana yang harus Anda gunakan.

0 comment:

Post a Comment