Wednesday, February 07, 2018

Begini Cara Menjaga Kesehatan Saat Ibadah ke Tanah Suci

Agar tetap sehat dan prima ketika beribadah ke tanah suci, tentunya ada beberapa hal yang harus dilakukan oleh para jemaah haji. Mulai dari mengecek kesehatan di klinik health care sebelum berangkat, rajin minum vitamin, dan lain sebagainya. Nah, ketika tiba di tanah suci, ini dia beberapa kegiatan yang bisa dilakukan untuk menjaga kesehatan:
    Image result for ibadah ke tanah suci
  1. Bawa obat-obatan pribadi. Ini penting, terutama bagi kalian yang sedang mengonsumsi obat pribadi. Ditakutkan akan sulit untuk menemukan obat-obatan di sana, jadi lebih baik dibawa dari Indonesia saja. Jangan lupa sertakan surat keterangan dokter untuk berjaga-jaga.
  2. Rajin minum air putih. Cuaca di sana biasanya jauh lebih panas dibanding di Indonesia jadi kemungkinan untuk dehidrasi biasanya sangat tinggi. Untuk itu, penuhi kebutuhan cairan dalam tubuh dengan rajin meminum air putih. Pastikan kebutuhan cairan harian tercukupi, ya.
  3. Gunakan tabir surya. Seperti yang sudah disinggung di atas, udara di sana akan lebih panas dan matahari akan bersinar dengan cerahnya. Lindungi kulit kita dengan menggunakan tabir surya agar kulit tetap sehat dan terbebas dari sinar UV.
  4. Jangan menggunakan alat mandi bergantian dengan orang lain. Selalu gunakan sabun dan sikat gigi milik kita sendiri. Hal ini dilakukan untuk menghindari kemungkinan penularan penyakit seperti HIV, hepatitis B, dan juga hepatitis C.
  5. Cuci tangan sebelum makan. Jaga kebersihan tangan dengan rajin mencuci tangan dengan sabun sebelum makan, terutama jika kita akan makan langsung tanpa sendok. Banyak sekali penyakit yang bisa menyerang kita melalui media tangan jika kita tidak berhati-hati.
  6. Pilih-pilih makanan. Pilih-pilih makanan di sini maksudnya bukan berarti kita harus picky eater. Akan tetapi, perhatikanlah tanggal kedaluwarsa, apakah makanan sudah matang sempurna, mengandung sesuatu yang membuat kita alergi atau tidak, dan lain sebagainya. Pastikan semuanya tidak akan berdampak pada kesehatan kita, ya.
Nah, itu dia beberapa tips yang bisa dilakukan untuk menjaga kesehatan selama beribadah di tanah suci. Semoga membantu! Selalu jaga kesehatan, ya.

Wednesday, January 24, 2018

Yuk, Kenali Manfaat Serat untuk Tubuh Kita



Kita tahu bahwa serat merupakan sesuatu yang sangat dibutuhkan oleh tubuh. Oleh sebab itu, sebisa mungkin kita harus berusaha memenuhi kebutuhan serat dalam tubuh agar kesehatan tidak terganggu. Jika kebutuhan serat terpenuhi, maka tidak perlu lagi deh mengonsumsi Obat Herbal Gangguan Pencernaan. Hanya saja, seringnya kita hanya mengonsumsi serat saja tanpa tahu apa saja manfaat detailnya untuk tubuh kita. Berikut ini adalah beberapa manfaat serat yang bisa berdampak pada tubuh kita. Simak ya:
    Image result for fiber foods
  • Membantu mengurangi rasa lapar. Serat terdiri atas dua jenis yakni serat larut dan serat tidak larut. Sesuai dengan namanya, serat larut merupakan serat yang mudah diserap dan dicerna oleh tubuh. Tugasnya adalah untuk mengikat lemak yang berasal dari makanan untuk kemudian dibuang. Sementara itu, serat tidak larut adalah serat yang tetap utuh di dalam perut sampai tiba saatnya untuk dibuang melalui saluran cerna. Serat jenis inilah yang akan membuat perut kita terasa kenyang lebih lama. Dengan demikian, karena perut terasa penuh, kita tidak memiliki keinginan untuk makan dan rasa lapar pun bisa dikurangi selama beberapa waktu.
  • Mengurangi jumlah kalori. Seperti yang sudah disebutkan di poin satu, serat yang tidak larut tidak bisa dicerna oleh sistem pencernaan sehingga tidak menghasilkan kalori. Oleh sebab itu, ketika kita memiliki kecukupan serat maka jumlah kalorinya pun bisa dikurangi.
  • Membantu mengontrol gula darah. Produksi insulin dalam tubuh bisa dicegah dan dikurangi karena serat larut mampu menunda naiknya gula darah yang kerap terjadi setelah selesai makan. Serat larut ini akan memperlambat pengosongan perut sehingga gula darah tidak naik.
  • Memberi energi pada tubuh. Serat merupakan salah satu jenis karbohidrat yang mudah diserap oleh tubuh dan organ pencernaan lainnya. Ketika kebutuhan serat tercukupi maka penyerapan energi pun bisa meningkat. Serat dapat menghasilkan energi dengan cara yang lebih ringan dan membantu mengurangi berat badan.
Itu dia beberapa manfaat serat yang bisa berdampak pada tubuh kita. Bagaimana menurut kalian? Semoga membantu, ya!

Friday, January 19, 2018

Naik Kereta Ekonomi? Ini Caranya Agar Kamu Tetap Nyaman!

Ketika sedang bepergian antarkota, untuk menghindari kemacetan dan menghemat waktu, maka kereta atau pesawat merupakan alternatif transportasi terbaik. Hanya saja, tiket pesawat tergolong mahal dan tidak bisa dijangkau oleh semua pihak. Belum lagi asuransi perjalanan yang harus dibeli untuk mencegah hal-hal yang tidak diinginkan. Maka, kereta ekonomi lah yang kemudian menjadi opsi untuk bepergian. Harga tiketnya yang murah membuat kereta ini sering dijadikan buruan untuk berlibur.

Hanya saja, harga tiketnya yang murah tentu sebanding dengan kenyamanan yang ala kadarnya. Untuk membuat  perjalananmu lebih nyaman dengan kereta ekonomi, begini trik yang bisa dicoba:
    Image result for train
  • Pilih duduk dekat jendela. Supaya kamu lupa dengan ketidaknyamanan selama di perjalanan, entah itu karena kursinya yang terlalu tegak atau terasa keras, kamu bisa nih memilih tempat duduk dekat jendela. Dengan begitu, kamu bisa melihat ke luar jendela dan menikmati pemandangan yang tersaji di hadapanmu. Entah itu berupa hamparan sawah, barisan pepohonan, atau sekadar melihat langit biru jernih.
  • Jangan lupa bawa bantal. Tidur di kereta ekonomi tentu terasa tidak nyaman. Akan tetapi, bukan berarti kamu tidak bisa tidur di kereta ekonomi, lho. Kamu tetap bisa tidur, asalkan tahu cara menyiasatinya. Caranya adalah dengan membawa bantal empuk dari rumah dan menjadikannya sebagai sandaran untuk tidur. Kamu bisa tidur nyenyak deh sekarang!
  • Bawa buku atau iPod. Agar tidak bosan selama perjalanan, kamu bisa menghibur diri dengan membaca buku atau mendengarkan musik. Bawalah buku yang kamu suka atau bahkan belum kamu baca, lalu habiskan waktu selama di perjalanan dengan membaca buku. Jika sudah bosan, tutuplah bukumu dan dengarkan musik melalui iPodmu. Pokoknya, sebisa mungkin menghibur diri, deh!
  • Makan camilan. Bepergian dengan kereta memang lebih cepat jika dibandingkan dengan menggunakan mobil pribadi atau bus akan tetapi tetap memakan waktu juga. Kamu bisa menghabiskan waktu berjam-jam di jalan. Agar tidak terasa lapar, jangan lupa membawa camilan berisi makanan-makanan yang kamu suka. Sepanjang perjalanan, kamu bisa memakannya sambil mengobrol dengan teman seperjalanan.
Nah, empat trik di atas bisa kamu coba untuk membuat perjalanan dengan kereta ekonomi menjadi lebih nyaman. Selamat mencoba, ya!

Thursday, January 18, 2018

Suka Pusing Setelah Bangun Tidur? Mungkin Ini Penyebabnya!

Kalian pernah merasa pusing setelah bangun tidur? Nah, jangan anggap remeh deh pengalaman ini. Sebab rasa pusing ketika bangun tidur merupakan satu pertanda dari sebuah penyakit. Berikut kami tuliskan beberapa penyebab mengapa rasa pusing itu bisa terasa saat bangun tidur. Siapa tahu, salah satu alasannya mungkin tengah kalian alami. Jangan lupa lakukan pemeriksaan kesehatan kalau rasa pusing itu terus terasa ya!
    Image result for headache
  • Darah rendah. Darah rendah atau hipotensi merupakan salah satu alasan mengapa kita bisa merasa pusing sesaat setelah bangun tidur. Kita memiliki tekanan darah yang berbeda-beda antara ketika tidur, ketika duduk, dan ketika berdiri. Oleh sebab itu, ketika kita terbangun tiba-tiba dan langsung duduk, rasa pusing bisa terjadi karena tekanan darah menurun tanpa tedeng aling-aling. Akibatnya, pandangan mata terasa gelap dan sekeliling terasa berputar.
  • Kekurangan zat besi dan anemia. Pusing ketika bangun tidur juga bisa disebabkan karena tubuh kurang zat besi dan hemoglobin. Rendahnya kadar dua hal berikut bisa menyebabkan sel kekurangan oksigen saat tidur. Akibatnya, saat sudah waktunya terbangun, kalian merasa pusing dan susah fokus.
  • Kurang cairan. Selain kekurangan zat besi dan anemia, kurang cairan atau dehidrasi juga bisa menjadi alasan mengapa kalian merasa pusing saat bangun tidur. Untuk menguranginya, jangan lupa biasakan minum dua gelas air sebelum tidur, ya.
  • Hipoglikemi. Ketika level gula darah kalian berada di bawah normal (hipoglikemi), kalian juga bisa merasa pusing begitu terbangun dari tidur. Keluhan yang biasa diderita oleh seseorang yang mengidap hipoglikemi adalah keringat dingin, merasa gelisah, serta pusing saat bangun tidur.
  • Vertigo. Perubahan posisi kepala yang mendadak bisa membuat seseorang yang menderita vertigo merasa pusing. Oleh sebab itu, bagi kalian yang menderita vertigo, hindari bangun tidur secara tiba-tiba. Biasakan untuk bangun secara perlahan, duduk di tepi ranjang untuk menstabilkan diri, barulah berdiri dan mulai berjalan.
Kelima hal di atas merupakan beberapa penyebab rasa pusing ketika bangun tidur. Sebaiknya kenali jenis pusing seperti apa yang kalian rasakan. Jika terus menerus terasa, jangan lupa konsultasikan pada dokter, ya!

Monday, December 25, 2017

Pisang Bisa Bantu Atasi Kenaikan Asam Lambung, Lho

Pola makan yang tidak sehat, makan tidak tepat waktu, banyak pikiran, dan juga stres merupakan beberapa penyebab asam lambung naik. Ketika asam lambung sudah naik, seringnya kalian akan merasa mual, tidak nyaman, lambung terasa nyeri, dan masih banyak keluhan lain yang membuat aktivitas kalian terganggu. Mengonsumsi air kelapa bisamengatasi naiknya asam lambung. Namun tidak selalu Anda bisa mendapatkan air kelapa terutama saat sedang sibuk beraktivitas, kan? Nah selain air kelapa, Anda sebenarnya bisa mencoba alternatif lain untuk mengatasi masalah ini, yaitu buah pisang.
Image result for banana
Pisang Bisa Bantu Atasi Kenaikan Asam Lambung, Lho
Sebagian dari kalian mungkin merasa asing dan aneh: mengapa harus buah pisang? Apa kaitan antara buah pisang dan masalah asam lambung? 

Nah, untuk tahu jawabannya, coba simak artikel berikut ini, ya. 

Tidak banyak yang tahu bahwa pisang menyimpan banyak manfaat di dalam buahnya, terutama untuk membantu mengatasi asam lambung. Selama ini, kita hanya tahu bahwa pisang merupakan buah yang mengandung cukup banyak nutrisi dan rasanya enak. Kita tidak tahu bahwa pisang ternyata punya banyak kelebihan tersembunyi yang tidak diketahui oleh banyak orang. 

Pisang dijadikan sebagai makanan untuk mengatasi asam lambung bukan tanpa alasan. Pasalnya, pisang mengandung tanin yang ternyata sangat baik untuk kesehatan lambung. Tanin mampu mengontrol asam lambung berlebih sehingga tak lagi menyebabkan mual. Tidak hanya itu, pisang juga mengandung kalium yang bisa menyeimbangkan pH dalam lambung. Kandungan antisida alaminya juga bisa melindungi dinding perut dan saluran cerna agar tidak iritasi. Sekadar informasi, antisida sendiri merupakan komposisi yang ada di dalam obat sakit maag dan berfungsi untuk mengatasi maag serta kembung secara aman dan tepat. 

Dari segi pencernaan, kandungan potasium dalam pisang juga sangat baik untuk kesehatan lambung. Nutrisi penting lainnya yang bisa ditemukan pada pisang di antaranya adalah karbohidrat, kalium, zat besi, fosfor dan vitamin. Pisang juga kaya akan serat sehingga baik untuk digunakan sebagai menu diet. Kalian bisa merasa kenyang lebih lama setelah mengonsumsi pisang berkat kandungan serat ini. 

Atas alasan itulah, jika kalian mengalami masalah pencernaan atau sakit maag, disarankan untuk mengonsumsi pisang secara rutin. Kalian bisa memakan pisang setiap hari dengan jumlah yang disesuaikan. Kreasikan pisang sebagai smoothies, jus, dimakan langsung, atau dicampur madu agar tidak bosan. Bagaimana, masih ragu untuk makan pisang?

Tuesday, December 19, 2017

Serangan Jantung, Bisakah di Cegah?

Serangan jantung terjadi ketika aliran darah ke jantung tidak mengalir dengan lancar dan  merupakan salah satu silent killer. Sebab seseorang bisa saja langsung mengalami kondisi kritis atau bahkan meninggal tidak lama setelah serangan jantung terasa. Begitu mengerikannya penyakit ini membuat banyak masyarakat rela mengeluarkan biaya yang tidak sedikit sebagai cara mencegah penyakit jantung. Misalnya seperti menghindari makanan yang dianggap meningkatkan risiko penyakit ini, atau bahkan membeli katering menu makanan sehat yang harganya tidaklah murah.

https://img.huffingtonpost.com/asset/59a04ea71e00001600c5f4e0.jpg?ops=scalefit_720_noupscale
Namun begitu, apakah dengan melakukan hal tersebut maka serangan jantung sudah pasti bisa dicegah? Jawabannya, belum tentu. Sebab makanan bukanlah satu-satunya hal yang bisa menyebabkan seseorang terkena serangan jantung. Untuk bisa mencegahnya, Anda harus lebih dulu memahami apa saja penyebab serangan jantung ini. Dan berikut ini adalah beberapa penyebabnya menurut situs alodokter:



  • Makanan. Meskipun bukan faktor satu-satunya, namun makanan juga memegang peranan penting sebagai penyebab serangan jantung. Orang yang sering mengonsumsi makanan berlemak, tinggi kadar gula, dan tinggi kolesterol akan memiliki risiko yang lebih tinggi mengalami serangan jantung dibandingkan dengan orang yang mengonsumsi makanan sehat.
  • Penyakit lain. Seseorang yang mengalami masalah kesehatan berkaitan dengan kolesterol (hiperkolesterolemia), kadar gula tinggi (diabetes), tekanan darah tinggi (hipertensi), akan memiliki risiko yang tinggi pula terhadap serangan jantung. Sebab tingginya kadar gula dalam darah menyebabkan darah menjadi tidak lancar, kolesterol yang tinggi dapat menyebabkan munculnya plak pada pembuluh darah yang menghambat aliran darah, dan tekanan darah tinggi akan membuat jantung Anda harus bekerja lebih keras untuk memompa darah.
  • Obesitas. Seseorang yang memiliki berat badan berlebih (obesitas) akan membutuhkan darah lebih banyak daripada orang dengan berat badan normal. Akibatnya jantung akan bekerja lebih keras untuk memompa darah.
Kemungkinan Anda mengalami serangan jantung akan semakin tinggi jika Anda memiliki lebih dari satu kondisi penyebab di atas. Untuk mengurangi risikonya, sebaiknya Anda tidak hanya mengatur menu makanan yang Anda konsumsi saja, tetapi juga porsi, jadwal makan, dan jangan lupa untuk meningkatkan aktivitas fisik. Lakukanlah olahraga yang baik untuk Jantung secara rutin setiap hari atau setidaknya 3 kali seminggu. Dengan melakukan beberapa hal tersebut, meskipun tidak menjamin sepenuhnya Anda terhindar dari serangan jantung, namun risiko Anda mengalaminya akan semakin kecil. (Vita)